Karateristik Khalayak dalam Komunikasi Massa

KHALAYAK media pada mulanya adalah penonton teater dan pertunjukan musik, atau ketika para individu bertemu untuk menonton pertunjukan/acara baik yang formal maupun informal. Selain itu sebutan khalayak adalah bagi individu yang ada dan datang untuk tujuan yang sama di tempat yang sama, sebab pada jaman Romawi/Yunani, tiap kota memiliki teater/arena yang digunakan untuk menampung Audience.

Karakteristik Audience dari jaman Yunani/Romawi adalah sebagai berikut:
  • Merencanakan, menonton, dan mendengar dari pertunjukan yang sedang berlangsung.
  • Berkumpul pada acara-acara yang menarik perhatian publik dan popular.
  • Sifatnya Sosial (bukan untuk niat keagamaan), datang untuk menonton acara/pertunjukan yang sifatnya menghibur, mengedukasi dan dapat meningkatkan emosi bila melihat acara tersebut.
  • Merupakan kesadaran individu atas pilihan yang menarik perhatian mereka.
  • Ingin mendapatkan pengalaman emosional yang sama ketika menontonnya beramai-ramai ditempat yang sama.
Seiring dengan kemajuan jaman yang membuat berbagai perubahan baru dalam pandangan di masyarakat yang diakibatkan oleh pers, film dan radio. Teori komunikasi pertama tentang khalayak media timbul dari kesadaran akan pesatnya kemajuan kehidupan sosial masyarakat di era modern. Fenomena ini dikenal dengan sebutan “Massa” dan dibedakan dari struktur sosial, terutama kelompok sosial masyarakatnya.

Khalayak massa sangatlah banyak, heterogen dan tersebar luas, serta satu sama lain tidak saling mengenal. Ini merupakan deskripsi dari realitas bahwa mereka terkondisikan atas pandangan dan pemikiran yang sama akan suatu isu dalam berita yang dikemukakan di media.

0 komentar:

Posting Komentar