Peraih Eagle Award 2011 Kembali Dianugrahi Pin Emas

SALAH seorang team pemenang Eagle Award 2010 perwakilan dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Tomy Almijun Kibu, kembali dianugrahi pin emas. Pria yang akrab disapa Tomy ini dinobatkan sebagai anugrah utama Universitas Haluoleo (Unhalu) sebagai tokoh kreatif dan inovatif Unhalu.




Hal itu sesuai dengan keputusan Rektor Unhalu. Prof. Dr. Ir. H. Usman Rianse, MS pada tanggal 19 Agustus 2011 di Kendari tentang penetapan tokoh pembaharuan, ketertiban dan keamanan kampus, kontributor corporate social responsibility, tokoh kreatif dan inovatif unhalu tahun 2011.

Pemberian penghargaan itu dilakukan di gedung Auditorium Unhalu, Sabtu (20/8/2011) saat acara dies natalis unhalu ke 30 oleh rektor unhalu.

Alumnus jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik itu berhasil mengukir prestasi gemilang dengan menyandang pemenang film dokumenter terbaik pilihan dewan juri Eagle Award 2010 yang diselenggarakan Metro TV.

Bersama seorang temannya, Rosniawanti Fikri Tahir yang juga ikut dalam Eagle Awards itu, mereka mengangkat sebuah judul film "Beasiswa Pendidikan Ala Bajo". Film ini mengisahkan proses pemberian beasiswa ala masyarakat suku Bajo yang dilakukan secara swadaya oleh komunitas Bajo untuk membantu anak-anak suku Bajo agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  
Dalam film mereka bercerita tentang salah seorang masyarakat Bajo bernama Rustam yang tak mampu melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi Unhalu tahun 2010. Ia mengisahkannya ke dalam film tersebut, Rustam dapat melanjutkan pendidikannya atas beasiswa itu.

Pemberiaan beasiswa ini dikenal dalam tradisi bajo yang disebut "pasipupukang". Pasipupukang dalam bahasa setempat berarti bekerja sama diadopsi dari kearifan lokal suku Bajo. Warga memberikan uang, ikan asin, pisang, makanan, atau barang bermanfaat lainnya kepada anak-anak Bajo Mekar yang sedang menempuh pendidikan. Menurut Tomy, sejak dimulai pada 2005, sudah 15 anak berhasil melanjutkan pendidikan tinggi ke tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar