Lakukan Riset Komunikasi dengan Mudah

METODE penelitian ilmu komunikasi pada umumnya sama dan sebangun dengan metode penelitian sosial. Namun karena perkembangan bidang komunikasi yang pesat dengan variabel yang sangat kompleks. Soal media dan masyarakat yang mengkristal dalam kehidupan masyarakat pada semua level, menyebabkan konteks ontologis lama telah diperbaiki oleh banyak teori komunikasi maupun sosiologi komunikasi.




Saat ini metodologi penelitian komunikasi memainkan peran penting dalam berbagai sumbangan pemikiran kearah perbaikan struktur ilmu komunikasi sendiri.

Dalam buku Teknik Praktis Riset Komunikasi mencoba memberikan tambahan pengetahuan tak hanya konsep-konsep dasar riset, namun mengenai hal apa saja riset di bidang komunikasi yang biasa dilakukan dan penerapannya secara praktis. Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh praktis riset diantaranya contoh proposal riset, cara membuat instrumen, menerapkan metode riset baik bidang media massa, periklanan, public relations (PR), maupun komunikasi organisasi,

Pada bagian awal buku menguraikan tentang riset dalam komunikasi dan ruang lingkup riset dalam komunikasi. Selanjutnya pada bagian dua dijelaskan soal elemen dasar dalam riset komunikasi yang meliputi konsep, konstruk, variabel, hipotesis, data, dan teori dala, riset, Pada Bab selanjutnya juga dijelaskan bagaimana metodologi riset, prosedur, metode pengumpulan data, instrument, pengukuran, teknik sampling, analisis data, aplikasi riset komunikasi massa, dan terakhir diuraikan tentang contoh proposal riset komunikasi.

Untuk memperdalam bahasan, buku ini mengadaptasi pemikiran-pemikiran penulis lainnya seperti, Henry Subiyakno, Burhan Bungin, Yan Yan Cahyana, Wimmer dan Dominick, Asa Berger, Dedy Mulyana, Jalaluddin Rakhmat, Severin dan Tankard, Cutlip dan Center serta para akademisi komunikasi yang tulisan-tulisannya dijadikan rujukan oleh penulis serta berbagai pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Buku ini dapat dijadikan salah satu leteratur khusus dalam komunikasi yang perlu dan harus dibaca oleh siapa saja yang mengaku mempelajari ilmu komunikasi.

Judul: Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran
Pengarang: Rachmat Kryantono, S.Sos., M,Si
Halaman: 398 + xviii
Penerbit: Kencana
Cetakan: Ketiga
ISBN: 979-3925-62-0

2 komentar:

teguh santoso mengatakan...

Salam kenal dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAIR, beberapa penulis yang Anda sebutkan kebetulan adalah dosen saya. Salam buat mahasiswa IKom Unhalu...

Kunjung balik ya...

LA TAYA mengatakan...

Ya. Terima Kasih

Posting Komentar