P2M Unhalu Meningkat

Rektor Universitas Haluoleo, Kendari, Prof. Dr. Ir. H. Usman Rianse, MS dalam laporannya yang dibacakan saat acara dies natalis ke 30 menyatakan bahwa bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) pada tahun 2011 meningkat. 


Usman Rianse mengatakan, jumlah usulan P2M yang berhasil diterima dan didanai oleh Dikti, Kemenristek, LIPI, dan lembaga donor lainnya sebanyak 104 judul atau 38,66 persen dari 269 judul yang diusulkan.


Dijelaskan, jumlah penelitian kerjasama dengan pemerintah daerah dan CSR sebanyak tujuh judul penelitian. Sedangkan penelitian yang dibiayai program pascasarjana Unhalu sebanyak 27 judul dan P2M sebanyak 23 judul.

Kegiatan penelitian dosen Unhalu tahun 2011 diantaranya, riset unggulan strategis nasional lanjutan yang disetujui sebanyak 23 judul dan dananya bersumber dari DP2M Dikti, insentif ristek sebanyak 11 judul yang didanai oleh Kemenristek, dan penelitian peach kerjasama bank dunia.

Beberapa penelitian itu, kata Usman, sebagian besar telah dipublikasikan melalui jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan prosiding seminar bahkan workshop internasional.

Usman menambahkan, saat ini dosen-dosen Unhalu diarahkan untuk mengembangkan penelitian yang berbasis pada publikasi dan perolehan hak paten, serta penerbitan buku teks dan buku ajar.

Untuk diketahui dies natalis dihadiri oleh Gubernur sulawesi tenggara, Nur Alam, para anggota dewan penyantun, sekretaris dan senat, anggota muspida sultra, civitas akademika unhalu, senior vice presiden Antam Tbk, pimpinan perguruan tinggi se sulawesi tenggara, pejabat sipil dan militer, dan tokoh masyarakat se-sultra.

0 komentar:

Posting Komentar