KOMUNIKASI ORGANISASI SEBAGAI MOBILITAS SOSIAL

Abstrak

Komunikasi dalam organisasi adalah kelaziman untuk mengatur hubungan
antar individu, kelompok. Dalam sebuah organisasi sangat ditentukan oleh
kedudukan orang itu pada struktur dan Hierarki dalam organisasi tersebut.
Dewasa ini organisasi menetapkan peran (roles) kepada setiap orang yang
menjadi anggota agar peran-peran itu kemudian dioperasionalkan kedalam
tugas (task) dan fungsi (function). Proses kerjasama dalam melaksanakan
perubahan atau percepatan perubahan dalam organisasi disebut “Komunikasi
Organisasi”

Pendahuluan

Kajian terhadap komunikasi organisasi merupakan hal yang paling relevan untuk
menampilkan peranan masing-masing individu dan kelompok. Begitu juga terhadap
organisasi formal sebagai usaha untuk menggambarkan karakteristik organisasi dan
melahirkan kualitas yang bersifat unik sebagai wahana pengelompokkan manusia masingmasing
memiliki kepribadian, individu dan kelompok.
Apakah komunikasi organisasi dalam mobilitas sosial ditentukan oleh jumlah anggota,
tingkat pendapatan, atau gaji yang ditentukan oleh tingkat pendidikan, serta harus sebanding
dengan ketersediaan fasilitas kesejahteraan.
Karakteristik komunikasi organisasi meliputi materi, pusat kewenangan dan kekuasaan
pengambilan keputusan, serta erat dengan spesialisasi tugas. Menurut Aloliliweri komunikasi
organisasi adalah bagaimana sebuah organiassi demi kepentingan organisasi dan mempunyai
dampak langsung maupun tidak langsung perilaku individu maupun sosial terhadap
organisasi.1
Dalam sistem komunikasi masyarakat ke arah yang paling maju terjadi interaksi yang
kompleks antara wadah sebagai tempat yang modern dengan jaringan komunikasi organisasi
suatu masyarakat suatu sistem terdiri dari organisasi politik dan kelompok persahabatan.
Komunikasi organisasi itu lebih efektif pada bidang-bidang yang lain sehingga mampu
berbuat terhadap yang berhubungan dengan perubahan. Dalam mengajurkan masyarakat
mengambil tindakan-tindakan komunikasi organisasi lebih tidak efetkif lagi apabila tidak
dibarengi dengan anjuran-anjuran secara pribadi, komunikasi organisasi terjadi kapanpun
setidaknya tidaknya satu orang yang menduduki jabatan dalam suatu organisasi, analisis
komunikasi organisasi menyangkut penelahaan atas banyak transaksi yang terjadi secara
simultan. Sistem tersebut menyangkut hubungan untuk menyatakan kesamaan fikiran dan
perilaku yang telah diatur dengan kebijakan.
1. Iklim Komunikasi
Suatu frase yang menunjukkan tujuan dengan menggambarkan suatu kiasan yang
sering berhubungan dengan suasana. Cara seseorang membangun reaksi terhadap aspek
organisasi menciptakan suatu iklim komunikasi. Iklim komunikasi merupakan gabungan
1 Aloliliweri. Sosiologi Organisasi. Penerbit PT. Citra Aditya Bakti. Bandung. Hal. 10
dari persepsi-persepsi suatu evaluasi secara makro mengenai peristiwa komunikasi
perilaku seseorang, harapan-harapan, konflik-konflik antar personal dan kesempatan
bagi pertumbuhan organisasi.
Perbedaan pola tentu memberikan suatu kesan yang tidak cermat tentang suasana
kawasan, kadang-kadang cuaca yang sama, pada hari tertentu memberikan sebuah
gambaran yang baik mengenai iklim fisik, iklim komunikasi organisasi sangat penting
karena berhubungan dengan konteks organisasi dengan konsep-konsep, perasaanperasaan
dan harapan-harapan anggota organisasi serta membantu memahami perilaku
anggota organisasi. “Poole mengatakan bahwa iklim memiliki sifat-sifat yang selalu
tumpang tindih dengan konsep budaya”2
2. Kepuasan Komunikasi Organisasi
Kepuasan menggambarkan suatu konsep individu dan konsep mikro sedangkan iklim
merupakan konsep makro dan konsep gabungan. Selain itu kepuasan juga
menggambarkan evaluasi atas suatu keadaan internal. Istilah kepuasan komunikasi
digunakan untuk menyatakan “Keseluruhan tingkat kepuasan yang dirasakan dalam
lingkungan komunikasi organisasi.
Secara keseluruhan kepuasan berhubungan dengan perbedaan antara yang diinginkan
oleh seorang. Dari sudut pandang komuikasi dalam organisai kepuasan hampir tidak
berhubungan dengan koefektifan pengungkapan pesan, tatapi apabila pengalaman
berkomunikasi memenuhi keinginan seseorang biasanya hal itu dipandang sebagai hal
yang memuaskan.
Kepuasan adalah : suatu konsep yang biasanya berkenaan dengan kenyamanan, jadi
kepuasan dalam komunikasi berarti seseorang merasa nyaman dengan pesan-pesan media
dan hubungan dalam organisasi. Kenyamanan memiliki kecendrungan, dalam hal ini
kadang-kadang menyebabkan individu lebih menyukai pelaksanaan terbaru untuk
peningkatan individu.
Salah satu tantangan dalam komunikasi organsisi adalah bagaiamana menyampaikan
informasi keseluruhan bagian organisasi prosesi ini berhubungan dengan aliran informasi.
Organisasi megandalkan inovasi dan harrus mampu menghasilkan informasi.
3. Sifat Infomasi
Informasi secara harfiah, adalah penyampaian suatu pesan interprestasi
penyampaian tersebut dan penciptaan penyampaian sebagai proses yang mendistribusikan
pesan-pesan keseluruhan organisasi .
Konsep suatu proses sering mengisyaratkan bahwa peritiwa-peristoiwa dan
hubungan bergerak serta berubah secara kesinambungan. Sehingga menjadi peritiwa yang
dinamis. Jadi aliran informasi dalam suatu organsasi sebenarnya adalah suatu proses yang
dinamik dan tetap mempertahankan pesan sesuai dengan aturan yang ditampilakn
kemudian diinterprestasikan.
Proses ini sebenarnya dapat terus berlangsung dan berubah secara konstan artinya
komunikasi organisasi bukanlah suatu yang terjadi kemudian berhenti. Komunikasi
2 Deddy Mulyana, Komunikasi Organisasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 2005. hal. 148
terjadi sepanjang waktu. Guezknow 1965 mengatakan bahawa infomrasi dalam suatu
organisasi dapat terjadi tiga bentuk serentak, berurutan, serta dengan cara kombinasi.
Sering kali pesan-pesan disebut memo atau memorendum dikirim kepada sejumlah
orang dalam sebuah organisasi. Seperti pertemuan Dosen semua Fakultas di suatu
Universitas, Rektor memberikan pesan kepada semua dosesn sekaligus.
Bila pesan yang sama harus tiba di beberapa tempat yang berbeda pada saat yang
sama harus membuat rencana dengan strategi atau teknik penyebaran secara serentak.
Salah satu pertimbangan pkok adalah : apalah pesan dapat didestribusikan pada saat yang
sama.
4. Kesulitan komunikasi
Komunikasi bari dinyatakan mencapai sasaran apabila komunikasi dapat
menangkap pengertian sama dengan pengertian komunikator, jika tidak demikian,
komunikasi tersebut di anggap gagal. Standarisasi keberhasilan komuniksi adalah
ketepanan waktu. Jadi apabila komunikator terlambat menyampaikan pesan-pesan
meskipun benar apa yang disampaikan maka komunikasi dianggap gagal. Sebagai uapaya
yang utama dalam proses komunikasi perlu diperhatikan masalah ketetapan waktu dan
solusi terhadap pemecahan masalah.
Ada beberapa kesulitan yang dihadapi komunikator dalam melancarkan
komunikasinya Sutaryo dalam bukunya Sosiologi Komunikasi kesulitan itu antara lain
menyangkut aspek amanat kmunikasi media dan unsur sosiologi budaya3 yang pending
dalam komunikasi ialah kejelasan pesan yang di maksud amanat masyakat sebagai
komunikan tidak semuanya bisa memahami pesan yang yang disampaikan oleh
komunikasi sehingga timbul keraguan, tugas utama komunikator berusaha agar amanat
itu jelas bagi diri sendiri maupun kumikan. Ada beberapa petunjuk yang harus di
perhatikan oleh komunikator yaitu :
a. Komunikasi harus setia, atinya harus benar-benar menyatakan apa yang bisa dipahami
oleh komunikator-komunikator menjadi tidak setia pada fungsinya jika pesan yang
disampaikan supaya dibuat sedemikian rupa sehingga komunikan merangkapnya
dengan arti lama.
b. Komunikasi harus lengkap atau utuh. Semua pesan harus sampai kepada komunkan,
tidak mengalami kebocoran ditengah jalan jika tidak komunikasi tidak mencapai
tujuan.
Dengan pengertian ini khususnya mengenai kesulitan-kesulitan yang mengurangi
keberhasilan komunikasi dan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasi
kesuliatn itu. Ditinjau dari segi komunikasi aktifitas pembangunan yang kogrit adalah
suatu poses yang terjadi pada pihak komunikan yaitu proses amanat-pendapat-sikaptindakan
komunikan menerima amanat.
5. Lingkuanan Komunikasi
Lingkungan merupakan mempunyai pengaruh tertentu terhadap makna kandungan
pesan apa yang diampaikan. Menurut Devido bahwa ruangan atau bangsal, atau taman
ketika ketika komunikasi berlangsung disebut konteks lingkungan fisik. Hubungan status
diantara mereka yang terlibat peran dan permainan yang dijalankan oleh seseoang atau
3 Sutaryo, Sosiologi Komunikasi, Arbi Mumi Intaran, Yokyakarta hal, 29-30
kelompok serta aturan budaya, masyarakat dimana mereka berkomunikasi lingkungan
atau konteks yang mencakup rasa persahabatan atau permusuahan, formal maun informal
komunkasi boleh dilaksanakan masing-masing mempengaruhi dan dipengaruhi oleh yang
lain. Kemudian dapat menyebabkan perubahan kedekatan fisik perubahan ini dapat
menimbulkan banyak perubahan lain. Memang proses komunikasi itu tidak pernah statis
demikain secara singkat.
Telah diuraikan pesan komunikasi dan faktor yang ikut berpengaruh terhadap
pelaksanaan atau terjadinya komunikasi dalam lingkungan organisasi acap kali terjadi
secara umum ada dua yaitu :
a. Proses secara primer (primary process)
Proses komunikasi secara primer adalah komunikasi yang dilakukan secara tatap
muka langsung antara seseorang dengan yang lain guna menyampaikan pikiran
maupun perasaanya.
b. Proses secara sekunder
Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh seorang
kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media proses
komunikasi sekunder menggunakan alat agar dapat melipat gandakan pesan jumlah
penerima pesan kemudian bagaimana untuk mengatasi hamabatan georafis yang
terjadi.
Wilbur Schramm menyebutkan bahwa manusia apabila dihadapkan dengan suatu
pesan untuk mengambil keputusan menerima atau menolaknya, akan mengadakan
terlebih dahulu suatu komunikasi dengan dirinya sebagai proses berfikir
6. Teori Kebergantungan
Mungkin kebergantungan secara langsung dan tidak langsung, bahwa
kepemimpinan yang efektif selalau memperhatikan situasi untuk menerapkan gaya
kepemimpinan berdasarkan pada konsep kebergantungan. Menurut teori kebergantungan–
keefektifan pemimpin tergantung kepada hubungan terhadap gaya kepemimpinannya
tugas dan hubungan motivasi tugas (task motivated)
Suatu organisasi mempunyai karakteristik terhadap suatu situasi kepemimpinan
yang paling penting adalah :
Pertama relasi pemimpin – angota, kedua struktur tugas, ketiga kekuasaan jabatan
pemimpin. relaksi pemimpin anggota yang baik terjadi bila anggota menyukai,
mempercayai, dan menghargai pemimpin. Hal ini dianggap sebagai satu-satunya kondisi
terpenting bagi kepemimpinan yang efektif.
Efektivitas pemimpin ditentukan oleh kekuasaan antara gaya kepemimpinan (tugas
dan hubungan) dengan keharmonisan situasinya. Situasi terbaik adalah bila relaksi
pemimpian anggota baik. Sudah tentu setiap situasi mempunyai berbagai tingkat
keharmonisan yang meliputi aspek – aspek karakter yang baik mapun yang buruk.
Akan tetapi suatu sistem teori mampu atau tidak mampu menjelaskan kejadiankejadian
baik dalam tingkat kelompok maupun organisasional. Perlu diketehui terlebih
dahulu tentang adanya perbedaan yang mendasar dalam komunikasi oraganisasi.
Komunikasi bersifat langsung dan tatap muka, komunikasi organisasi tidak perlu
langsung dan sering kali memang tidak agak kurang dipengaruhi emosi dan lebih
cendrung melibatkan pengaruh antar pribadi sebagai kebalikan dari pemusan sasaran
organisasi yang rasional 4
Beberapa alasan yang menyebakan gaya kepemimpinan tertentu terikat lebih efektif
dalam beberapa situasi yang berbeda, dapat diterangkan dengan cara meperhatikan
persyaratan yang terjadinya situasi yang harmonis maupun yang tidak harmonis
7. Analisis Transuksional
Analisis transuksional dikemukanan oleh Eric (1964) ada tiga tahap untuk
mengendalikan ego dewasa, orang tua dan anak-anak.
Suatu respon dapat ditafsirakan dari sudut pandang setiap ego. Tahap ego dewasa
mengambarkan gaya manusia yang lebih disukai sebagai pengatur diri sndiri dan orang
lain dan menyangkut masalah penerapan pengaturan, perstrukturan dan kegiatan
perencanaan. Tahap ego orang tua mengambarkan gaya manusia yang lebih suka diatur
dan meliputi empat gaya otoriter, birokratik, demoleratik, dan pengarahan diri, tahap ego
anak-anak mengambarkan kebutuhan motivasi onal manusia dan meliputi kekuasan,
kendali keluesan dan kebebasan.
Konsekuansi dari pada perubahan yang paling medasar dalam kehidupan anggota
organisasi, terlihat pada ekspresinya yang pada prinsipnya dalam pengonsepan.
Pertumbuhan atau perkembangan organisasi yang semakin luas dan komleks antara lain
ditandai oleh lahinya sebuah departemen baru, fluktuasi keangotaan dan perubahan
teknologi sebagai respon terhadap ivonasi baru dalam bentuk memenuhi kebutuhan.
8. Konflik Organisasi
Konflik dalam organisasi merupakan salah satu faktor ketidakseimbangan yang
melanda hubungan antara satu individu dengan individu lain, baik satu kelompok dengan
kelompok lain. Istilah konflik organisasi munculnya suasana ketegangan dalam organisasi
menurut Dahrendorf (1959) konflik organisasi dapat diamati hubungan komunikasi
organisasi dengan jajaran yang ada dalam sistem yang aktif dengan jaringan komunikasi
dan struktural organisasi.
Dalam kontek organisasi di kenal dua jenis potensi konflik: (pertama) konflik dalam
organisasi (kedua) konflik antar organisasi yang dimaksud konflik dalam organisasi
adalah konflik yang terjadi dalam tubuh organisasi sumber konflik adalah memburuknya
hubungan antar pribadi dalam sistem oirganisasi sedangkan konflik antar oraganisasi
adalah konflik yang terjadi antara organisasi yang berbeda.
9. Perubahan Berencana dalam Organisasi
Suatu organisasi tetap mempunyai cita-cita “order” atau tatanan untuk mengatur
hubungan timbal balik fungsionalnya akibatnya apabila ada perubahan yang terjadi dalan
suatu unit departemen akan mempengaruhi aktivitas adalah perubahan secara hirarki dan
wewenang peranan individu dalam pekerjaan penataan kembali hubungan kerja melalui
komunikasi formal.
Bentuk suatu perubahan selalu dikaitkan dengan asas perubahan individual dan
kelompok yang berdampak mengubah orientasi organisasi. Setiap perubahan organisasi
lazim direncanakan untuk mencapai perubahan jangka pendek, peranan dalam suatu
oragnisasi memang menginginkan perubahan yang bertujuan untuk memahami cita-cita
4 Alvin. A Goloberg – Carl El Larson, Komuniasi Kelompok, UI Press jakarta 1985: 10
organisasinya.5 Para agen perubahan dapat menempuh beberapa cara perubahan
berencana terhadap organisasi melalui pendekatan “Human relation” yaitu :
a. Kontak tertutup atau kalaborasi dengan organisasi artinya anggota organisasi bersedia
menentukan, mempertimbangkan sifat dan keberadaaan organisasi
b. Teknik kalaborasi anggota organisasi menggunakan sumber daya yang ada
kemampuan dan keterampilan yang relevan latar belakang pendidikan masing-masing
anggota organisasi.
c. Peningkatan frofesionalisme anggota setiap pemimpin oragnisasi harus mempunyai
kemampuan dan sikap antisipatif tentang sejauh mana daya tahan organisasi terhadap
perubahan
d. Membantu pemimpin organisasi agar dapat mengantisipasi akibat perubahan yang
cepat dan jangka panjang dan pungsi tertentu organisasi
e. Proses pemahaman dalam belajar dengan cara mandiri agar menjadi lebih sadar atas
setiap tindakan pengambilan keputusan demi kesuksesan organisasi
Daftar Pustaka
Aloliliweri, Sosiologi Organisai, Bandung 1977, PT Citra Aditya Bakti
Alvin. A. Goldberg – Carl E. Larson, Komunikasi Kelompok, Jakarta, 1985, UI Press
R. Wane, Pace-Don F. faules, PT. Rosdakarya, Komunikasi Organisasi, Mulyana Neddy
Editor, Bandung 2005. PT Rosdakarya
Sutaryo, Sosiologi Komunikasi, Yogyakarta 2005 Arti Bumi Intaran
Stan Kossen, Aspek Manusia Dalam Organisasi, Jakarta 1986 Penerbit Elanga
5 Stan Kossen, Aspek Manusia Dalam Organisasi, Penerbit Air Langga Jakarta, hal. 243

0 komentar:

Posting Komentar