SMAN 1 Kolaka Tingkatkan Mutu Kepemimpinan dengan LKS

Keputusan Dirjen Dikdasmen Nomor 226/C/01992 bahwa tujuan pembinaan kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wiyatamandala, serta menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif.

Untuk mewujudkan keberhasilan pembinaan kesiswaan tersebut telah ditetapkan empat jalur pembinaan kesiswaan yakni organisasi kesiswaan, latihan kepeminpinan, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan wawasan wiyatamandala. Di SMAN 1 Kolaka jalur pembinaan siswa yang dilakukan khususnya dalam meningkatkan mutu kepemimpinannya dapat dilakukan dengan menerapkan Keputusan Dirjen Dikdasmen tersebut. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) selama 3 hari (4-7/12/2010). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun terutama oleh siswa kelas X dan XI yang terpilih dan berminat aktif dalam kegiatan OSIS dan Ordebasis.

Tujuan kegiatan dapat meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan OSIS, meningkatkan kemampuan berorganisasi dan kesadaran politik sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab, meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan baik dalam lingkup OSIS maupun Organisasi dibawah OSIS.

Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Angkatan  XIII ini, selain diikuti oleh SMAN 1 Kolaka juga diikuti peserta LKS dari sekolah lain yakni SMAN 1 Kolaka, dan SMAN 1 Latambaga sebagai Undangan, sehingga jumlah peserta yang mengikuti kegiatan LKS mencapai  64 peserta.

Pelatihan ini dibawakan oleh para guru dan Pembina OSIS diantaranya Kepala Sekolah SMAN 1 Kendari, Drs. Ahmad Yani, M.Pd, Wakasek Kesiswaan, Darma Simai, S.Pd, dan Pembina Osis Muhammad Akbar, M.S.Kom. Materi kegiatan LKS ini diantaranya dasar-dasar kepemimpinan, Kewiraan, Ke-OSIS-an, perilaku berorganisasi, dan penyusunan dan pelaporan proposal. (smansa_klk@rocketmail.com/taya)

0 komentar:

Posting Komentar