RINGKASAN

Kemiskinan adalah rendahnya nilai tatanan kehidupan di suatu daerah, baik di perkotaan maupun di pedesaaan, serta yang menyangkut masalah moral, materil maupun spiritual.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemiskinan di indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung antara lain sebagai berikut yaitu:
1. Tingkat kemiskinan cukup banyak.
2. Mulai dari tingkat dan laju pertumbuhan output (produktivitas tenaga kerja).
3. Tingkat inflasi.
4. Tingkat Infestasi.
5. Alokasi serta kualitas sumber daya alam.
6. Tingkat dan jenis pendidikan.
7. Etos kerja dan motivasi pekerja.

Pemerintah tidak membiarkan hal tersebut terjadi secara terus menerus sehingga ia melakukan program-program penanggulangan kemiskinan seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat.

PNPM Mandiri yang dilaksanakan selama ini juga masih menuai masalah antara lain:
1. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perlu dibenahi tentang pendataan warga miskin agar dalam pelaksanaan kegiatan tidak menimbulkan kecemburuan sosial bagi masyarakat miskin lainnya.
2. PNPM Mandiri masih menimbulkan masalah yang baru dalam penanggulangan kemiskinan yaitu masih banyaknya penyelewengan dana yang dilakukan oleh penerima bantuan khususnya bagi dana bergulir.

Penulis juga merekomendasikan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menunjang keberhasilan PNPM Mandiri yaitu sebagai berikut:
1. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri ini sangat baik bila di dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat ekonomi produktif baik dalam skala kecil maupun skala menengah.
2. PNPM Mandiri sebaiknya dapat menyelenggarakan pelatihan berwirausaha disamping pelatihan lain yang telah dilakukan selama ini agar dalam menerima bantuan dapat efektif dalam kelangsungan hidup mereka dan bersifat usaha jangka panjang.
Di sisi lain dapat menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat miskin yang bisa digunakan dikesempatan lain dalam menjalani hidupnya.
3. PNPM Mandiri sebaiknya bisa melakukan pendataan yang akurat disamping mendapat data dari kelurahan atau RW sehingga dalam pelaksanaan program dapat benar-benar mereka yang mayoritas dalam tataran kemiskinan.

0 komentar:

Posting Komentar