MEMAHAMI BUDI PEKERTI DAN ETIKA

A. Mengenal Sang Pencipta
Pemahaman terhadap ketuhanan sangat berbeda-beda tergantung pada kepercayaann dan keyakinan setiap manusia. Misalnya bagi seorang muslim meyakini bahwa segala sesuatu yang menciptakan, memelihara dan yang memiliki adalah Allah SWT.
Manusia yang diciptakan oleh Allah SWT lebih sempurna dengan makhluk-makhluk lain yang dibekali dengan akal dan pikiran, diharapkan dengan adanya akal dan pikiran dapat mengenal Tuhannya dan dengan dirinya.
Manusia dapat mengenal Tuhan Yang Esa melalui tanda-tanda kekuasaannya dan melalui ciptaannya, ayat-ayatnya. Misalnya, adanya siang dan malam, tujuh lapis langit dan bumi, Al Qur’an dan lain-lain.
B. Mengenal Diri
Manusia yang diciptakan oleh Allah SWT dengan sempurna harus bisa menjaga dirinya dari hal-hal yang merusak kesempurnaan ciptaannya. Manusia dituntut untuk senantiasa beretika baik baik terhadap dirinya, orang lain dan Tuhannya. Hal ini berkaitan dengan masalah nilai, aturan moral, dan kesusilaan.
Manusia harus menyadari dalam hubungan dengan orang lain: manusia harus mengingat kebaikan orang lain kepada dirinya dan mengingat kebaikan dirinya kepada orang lain dan melupakan keburukan orang lan kepada dirinya dan melupakan keburukan dirinya kepada orang lain.
C. Mengenal Lingkungan Hidup
Faktor lingkungan dapat menjadi prakondisi bagi sifat dan perilaku manusia serta mempunyai pengaruh yang signifikan dalam kehidupan demi kemajuan dan kesejahteraan hidup.
Menurut pasal I Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup dinyatakan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, dan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Arti penting lingkungan bagi manusia adalah sebagai berikut:
1. Lingkungan merupakan tempat hidup manusia
2. Lingkungan memberi sumber-sumber penghidupan manusia
3. Lingkungan mempengaruhi sifat, karakter dan perilka manusia yang mendiaminya.
4. Lingkungan memberi tantangan bagi kemajuan peradaban manusia
5. Manusia memperbaiki, mengubah, bahkan menciptakan lingkungan untuk kebutuhan dan kebahagiaan hidup.
Kita sebagai warga masyarakat Indonesia dapat berperan serta dalam pengelolaan lingkungan hidup diantaranya dapat dilakukan dengan melalui cara sebagai berikut:
1. Meningkatkan kemandirian, keberdayaan masyarakat dan kemitraan, menumbuhkembangkan kemampuan dan kepeloporan masyarakat.
2. Menumbuhkan ketanggap segeraaan masyarakat untuk melakukan pengawasan sosial
3. Memberikan saran dan pendapat
4. Menyampaikan informasi dan/atau menyampaikan laporan.

0 komentar:

Posting Komentar