ANALISIS DAN SINTESIS DALAM PENYAJIAN MARX

Untuk mengungkapkan ciri-ciri khusus dan originalitas analisis Marxian sebagaimana yang digunakan dalam CAPITAL, kita mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini: bagaimanakah konsepsi Marxian mengenai struktur suatu sistem ilmiah mengubah konsepsi-konsepsi lebih tua mengenai prosedur analitik dan sintetik dalam ilmu? Kesatuan baru analisis dan sintesis apakah yang terkandung secara jelas dalam sistem ilmiah Marx?

Prosedur-prosedur analitikal, jika kita artikan--secara garis besar--dalam pengertian asali penguraian intelektual, pembedahan keseluruhan ke dalam bagian-bagian (tahap-tahap, aspek-aspek), selalu terkait dalam karya Ricardo dengan prosedur-prosedur sintetik yang berlawanan.

Kita menjumpai berbagai kesatuan analisis dan sintesis, tergantung pada konsepsi-konsepsi ontologikal mengenai totalitas (kesatuan) dan hubungan-hubungan dari bagian-bagian (atau tahap-tahap) dan keseluruhan.

Dalam ilmu pengetahuan abad-abad ke tujuhbelas dan ke delapanbelas kesatuan analisis dan sintesis pada umumnya dibangun atas suatu pengertian mekanikal mengenai keseluruhan dan bagian.1) Kesatuan, jenis-jenis kesatuan analisis dan sintesis dalam sistem Marxian dapat dikarakterisasikan, bahwa mereka menyangkut suatu keseluruhan/ keutuhan yang secara dialektikal berkembang-sendiri secara bersinambungan, yang di dalamnya berbagai jenis totalitas, termasuk totalitas-totalitas mekanikal elementer, merupakan aspek-aspek yang subordinat (bergantung). Kita dapat menyebutkan hasil-hasil tertentu yang dicapai oleh ahli filsafat Sovyet Mamardashvili.2)

Mamardashvili menekankan bahwa tugas pengkarakterisasian kesatuan analisis dan sintesis dalam CAPITAL adalah identik dengan tugas pengkarakterisasian metode dialektikal Marx dalam totalitasnya. Dalam hal itu:

...analisis dan antitesis [adalah] hasil dari lain-lain proses berpikir dan berfungsi dalam pikiran dialektikal hanya dalam hubungan dengan proses-proses itu .... Metode dialektikal dalam totalitasnya membentuk ketentuan-ketentuan untuk menganalisa dan menyintesiskan sistem-sistem kompleks; adalah suatu alat untuk menemukan koneksi-konseksi intern dari suatu keutuhan organik di dalam keseluruhan paduan hubungan- hubungannya 3)

Yang disebut Marx suatu keseluruhan/keutuhan organik bersinambungan secara dialektikal adalah, menurut Mamardashvili, suatu kompleks historikal yang berkembang-sendiri dan sistem yang secara fungsional berbeda-beda dari hubungan-hubungan dan proses-proses yang secara timbal-balik saling mempengaruhi.

Di sini perlu membeda-bedakan, tidak hanya objek-objek yang dikaitkan oleh kordinat-kordinat (bagian-bagian) sederhana, tetapi unsur-unsur, tahap-tahap (kesinambungan, dalam kata-kata Marx) dari struktur itu, yaitu objek-objek yang terkait secara terpisahj dari kordinat-kordinat mereka sehingga suatu rangkaian menyeluruh dari sifat-sifat mereka dihasilkan dari sambungan- sambungan mereka, pengaruh-pengaruh timbal-balik, asal yang satu dari yang lainnya, dsb. Suatu objek yang mengubah objek-objek lain (baik mereka itu berasal-usul darinya, atau merupakan bentuk-bentuk fenomal darinya, dsb.) dan objek-objek yang membentuk struktur dinamik tertentu yang sama dengannya, adalah--untuk mengatakannya secara tegas--bukan bagian-bagian dari struktur itu.4)

Sebagai suatu contoh Mamardashvili mengambil laba perdagangan, yang nyaris tidak dapat disebut suatu bagian dari ekonomika kapitalis, karena ia bukanlah suatu objek yang berdiri sendiri. Dari penjelasannya kita melihat bahwa ia tidaklah linear, suatu masalah pemahaman kordinat-kordinatnya dengan bagian-bagian lain dari keseluruhan itu, melainkan melukiskan asal-usulnya dalam nilai-lebih. Karenanya melalui penggunaan analisis dan sintesis atas suatu keseluruhan organik, konsep-konsep keseluruhan dan bagian dikembangkan. Struktur keseluruhan organik dan unsur- unsurnya mulai berperan, seluruh paduan hubungan-hubungannya, rupa-rupa dan sifat-sifatnya dalam peranan-peranan keseluruhan dan bagian. Hubungan-hubungan antara unsur-unsur dan aspek-aspek dari keseluruhan itu mungkin dari jenis-jenis yang sangat berbeda (bentuk-isi, kontradiksi intern--diferensiasi eksternal dari antitesis-antitesis, hukum--bentuk fenomenal, hubungan genetik, dsb.) Sesuai dengan itu, berbagai prosedur penelitian dialektikal dapat dipakai yang di dalamnya tidak terdapat analisis atau sintesis dalam arti sebenarnya. Tetapi hasilnya merupakan juga penjelasan mengenai hubungan-hubungan di antara unsur-unsur di dalam keseluruhan itu, yaitu, tempat yang diambil oleh unsur- unsur di dalam keseluruhan itu dan penjelasan mengenai keseluruhan itu sebagai suatu keharusan perpaduan unsur-unsur. Prosedur-prosedur ini menjelaskan dan karakterisasi-karakterisasi logikal mereka menentukan, menyimpulkan metode (dalam aspek logikalnya) penjelasan itu.5)

Analisis Mamardashvili menangkap--bahkan jika dalam pembangunan suatu sistem umum yang didasarkan atas materialisme-dialektikal konsep-konsep tertentu harus diteliti dan diringkaskan secara kritikal--kesatuan fondamental analisis dan sintesis pada Marx sebagaimana itu berhadap-hadapan, misalnya, dengan kesatuan analisis dan sintesis pada Smith dan Ricardo. Bab-bab dimuka, yang mempersoalkan berbagai aspek analisis struktural-genetik materialis-dialektikal, juga merupakan sumbangan bagi pemahaman watak analitik-sintetik penyajian teoretikal Marx.

Karena filsafat Jerman klasik, teristimewa Kant, Fichte dan Hegel, melahirkan wawasan-wawasan baru mengenai permasalahan watak analitik-sintetik pengetahuan ilmiah, kita akan mencoba merinci secara lebih teliti pandangan Marxian sebagaimana ia berlawanan dengan konsepsi-konsepsi Jerman klasik.

Pandangan Hegel, yang dinyatakan dalam bentuk dipersingkat dalam dalil bahwa metode dialektikal dalam setiap putaran adalah analitik dan sekaligus sintetik,6) agaknya sangat mendekati pandangan Marx.

Namun, suatu penelitian yang lebih cermat mengungkapkan bahwa perbedaan dan antitesis di antara pandangan-pandangan Hegel dan Marx bertepatan dengan antitesis premis-premis filsafat idealis dan materialis.

Dalam dalil tersebut Hegel mengungkapkan suatu aspek khusus dari metode dialektikal idealis sebagai itu dipakai dalam bentuk mutlaknya dalam Science of Logic. Ini bukan soal pentrapan ketentuan-ketentuan eksternal pada material, yang akan menjadi sesuatu yang lain daripada suatu metode. Isi Science of Logic (yaitu, teori logikal) dalam pandangan Hegel adalah suatu penyajian metodenya karena isi itu adalah gerak-sendiri dari kategori-kategori logikal seperti, bahwa masing-masing adalah transisi yang diharuskan menjadi yang lainnya (kelainannya). Isi yang difahaman secara demikian itu, isi dari suatu teori logikal, bertepatan bagi Hegel dengan metode persepsi filosofikal.

Untuk menafsirkan dalil Hegel bahwa dialektikanya adalah dalam setiap putaran analitik dan sekaligus sintetik, perlu ditrapkan perbedaan Kantian antara metode-metode dan penilaian-penilaian analitik dan sintetik, karena pandangan Hegel berkaitan secara kritikal dengan perbedaan itu.

(a) Menurut pandangan tradisional, yang dirumuskan di zaman purba,7) prosedur analitikal adalah dari yang ditentukan ke pada asaz-azasnya (reductio ad principia)-- prosedur sintetik, lawannya. Ketidak-tentuan dan kekaburan peringkasan itu disebabkan oleh arti tidak menentu dan kabur dari yang tertentu dan azas itu.

Suatu contoh khas adalah perbedaan antara metode-metode analitik dan sintetik dalam matematika yang dibangun menurut azas-azas aksiomatik Euclidean dan Aristotelian (dengan yang tertentu dan aksiom-aksiom bagi setiap kasus): prosedur dari aksiom-aksiom dan definisi-definisi ke pada dalil-dalil kompleks yang diderivasi darinya telah dianggap sintetik, yang sebaliknya dari metode analitik.8)

Kant dalam Prolegomena, menguraikan konsepsi tradisional ini dengan beberapa modifikasi kecil ketika ia merumuskan metode analitik sebagai melangkah dari sesuatu yang ditentukan ke pada kondisi-kondisi ketunggalan yang dengannya menjadi mungkin bagi sesuatu itu untuk menjadi yang ditentukan.9)

(b) Menurut Kant, suatu penilaian analitikal berbeda dan suatu penilaian sintetik, dalam hal bahwa pada kasus pertama, predikat sekedar mengungkapkan yang ada dalam subjek itu, tidak menambahkan sesuatu yang baru padanya; pada kasus yang lainnya, predikat menyatakan lebih daripada yang terkandung dalam subjek itu sendiri. Penilaian sintetik melampaui batas-batas dari apa yang diungkapkan dalam subjek penilaian itu dan mengembangkan pengetahuan kita.10)

Ketika Hegel mengkarakterisasi metode dialektikalnya sebagai sekaligus analitik dan sintetik, ia merujuk pada konsep Kant mengenai analitik dan sintetik dalam arti yang kedua.

Metode dialektikal idealis Hegel adalah analitik (memiliki suatu aspek analitik) karena pemakaiannya mengharuskan tetap dalam sesuatu itu sendiri, tidak mengambil apapun yang eksternal, semata-mata menyatakanm apa yang kekal dalam sesuatu itu.11) Metode dialektikal idealis Hegel sekaligus tidak analitik semata-mata (ia memiliki suatu aspek sintetik), karena ia bukan suatu prosedur yang didasdarkan pada identitas formal; ia adalah suatu ungkapan kenyataan bahwa suatu objek (dengan Hegel itu suatu kategori logikal) menjadi sesuatu yang lain melalui watak kontradiktorinya sendiri, melampaui batas-batas asalinya sendiri.12) Berkenaan dengan gerak ini, yang tidak lain dan tidak bukan merupakan gerak kekal benda itu sendiri, ia adalah lebih daripada dirinya pada awalnya.

Dalam metode dialektikal idealinya Hegel mengacu bahwa kesatuan analisis dan sintesis secara fondamental dibedakan dari penggunaan analisis dan sintesis secara tradisional dalam pengetahuan pokok.13) Metode dialektikal idealis tidak mewujudkan kesatuan analisis dan sintesis dalam pengertian koeksistensi atau dari suatu pencampur-adukan prosedur-prosedur tradisional. Ia memiliki sifat-sifat analitikal dan sintetikal secara serempak; karenanya ia analitik-sintetika dalam suatu cara yang lebih khusus, dan juga secara lebih khusus kesatuan (identitas) analisis dan sintesis itu.14)

Orang tidak dapat begitu saja mengatakan tentang metode dialektikal Marx sebagaimana yang digunakan dalam CAPITAL, bahwa ia dalam setiap gerak secara serempak analitik dan sintetik. Kesatuan anlisis dan sintesis dan watak analitik-sintetik dari teori Marxian mengenai kapitalisme adalah dari suatu jenis khusus, dan dapatlah ia dikarakterisasi--karena berbagai aspek analisis struktural-genetik materialis-dialektikal Marxian sekaligus suatu pencerahan dari analisis dan sintesis--dalam tertentu:

(a) Sekalipun Marx sadar akan keterbatasan metode-metode empirikal dan analitikal tradisional pra-dialektikal maupun ketidak-mampuan mereka untuk memberikan suatu penjelasan ilmiah mengenai kapitalisme, teristimewa watak transitorinya secara historikal, Marx tidak sependapat dengan depresiasi dan devaluasi Hegel mengenai metode analitik. Bukan hanya karena Marx menjulukkan nilai lebih tinggi pada arti-penting historikalnya,15) melainkan juga karena ia menganggap prosedur-prosedur analisis dan sintesis tradisional (empirikal) yang ditiadakan oleh Hegel dari metode dialektikal idealisnya, adalah suatu aspek yang absah, walaupun bergantung (subordinat) dari metode dialektikal materialis. Di sini kita menjumpai suatu analogi pada yang sudah kita lihat dalam posisi-posisi yang berbeda dari Marx dan Hegel mengenai matematika.

(b) Jika dengan analisis kita mengartikan pembagian dari suatu keseluruhan dan penelitian bagian-bagiannya, dan dengan sintesis pemersatuan bagian-bagian menjadi suatu keseluruhan dan penelitian dari objek sebagai suatu totalitas, maka orang dapatlah berhak berbicara tentang suatu sifat analitik atau sintetik dari berbagai tahap dalam analisis teoretikal Marx mengenai kapitalisme. Demikianlah, misalnya dalam (buku) jilid kedua, penelitian mengenai modal individual diabstraksikan sebagai suatu gerak-bagian dari modal total, dan ia mencakup penelitian (dalam bagian ketiga dari jilid dua) mengenai total modal sosial yang dibentuk dari justru gerakan-gerakan bagian yang diteliti di muka dalam pengertian-pengertian abstrak (dalam bagian kesatu dan kedua dari jilid kedua).16) Individualisasi dan integrasi bersifat khusus di sini, sebagaimana mereka juga khusus pada keutuhn- keutuhan bersinambungan lainnya yang kita jumpai dalam penelitian Marx mengenai kapitalisme. Ini juga muncul dalam hubungan tertentu dalam penelaan dan sintetisasi keseluruhan itu dan karenanya juga dalam suatu kesatuan khusus dari analisis dan sintesis dalam kasus itu atau yang lainnya.17)

(c) Secara keseluruhannya, penyajian teoretikal Marxian mengenai kapitalisme bergerak dari yang sederhana pada yang kompleks (secara intelektual lebih konkret), karenanya dalam pengertian itu ia adalah suatu prosedur sintetik. Prosedur sintetik ini berbeda dari pandangan mengenai sintesis pada Descartes dan Leibniz,18) maupun dari konkretisasi trikotom Hegel.19) Sistem ilmiah Marx dibangun atas suatu gerak sintetik sui generis, diciptakan oleh spiral analisis pada sintesis, dari suatu jenjang (genetik atau struktural) sintesis baru kembali pada analisis, dan vice versa. Spiral-spiral ini mempunyai suatu sifat yang sama dengan analisis rupa-esensi.20)

0 komentar:

Posting Komentar