Aspek Profil Khalayak
MENURUT Hafied Cangara, khalayak adalah salah satu aktor dari proses komunikasi. Beberapa definisi khalayak yang dikutip (Cangara, 2003:151), yaitu menurut Bren D. Ruben “Khalayak menerima suatu pesan bukan saja ditentukan oleh isi pesan, tetapi juga oleh semua komponen yang mendukung terjadinya proses komunikasi”.
Dalam profil khalayak tersebut, seorang komunikator perlu mengetahui beberapa aspek menyangkut khalayaknya yakni sebagai berikut:
a) Aspek profil sosiodemografik
b) Aspek profil psikologis, dan
c) Aspek karateristik perilaku khalayak.
a. Aspek Profil Sosiodemografis
Dari aspek profil sosiodemografik, komunikator dalam hal ini media TVRI perlu memahami hal-hal seperti jenis kelamin, usia, lokasi, tingkat pendidikan, bahasa, pekerjaan, penghasilan, agama dan kepemilikan media.
b. Aspek Profil Psikologis
Profil khalayak ditinjau dari aspek psikologis ialah memahami khalayak dari segi kejiwaan, diantaranya sebagai berikut:
1. Pendapat.
2. Minat, dan
3. Sikap.
c. Aspek Perilaku Khalayak pada Media
Dari aspek karakteristik perilaku khalayak yang perlu diketahui diantaranya sebagai berikut:
1. Kebiasaan yang meliputi durasi dan waktu dalam menonton televisi.
2. Tayangan program favorit
0 komentar:
Posting Komentar