Wartawan KendariNews.com Terbaik pada Uji Kompetensi

La Taya (kedua dari kiri) menerima piagam penghargaan usai pengumuman hasil Uji Kompetensi Wartawan di Kendari. Foto: Istimewa
KENDARI - Wartawan KendariNews.com, La Taya menjadi peserta terbaik dari 26 peserta yang ikut dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke empat yang diselenggarakan PSDM PT Fajar Media pada tanggal 11 hingga 12 Januari 2014 di Kendari.

Alumnus Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo ini memperoleh nilai tertinggi yakni 945 pada jenjang muda. Urutan kedua diraih oleh La Ode Iman dari Kolaka Pos dengan nilai 893 pada jenjang madya. Sedangkan untuk jenjang utama diraih oleh Sawaluddin Lakawa (Wakil Direktur Bidang Bisnis Kendari pos) dengan nilai 850.

Dewan penguji mengumumkan dari 26 wartawan yang memgikuti uji kompetensi itu, hanya 21 wartawan yang dinyatakan mempunyai kompetensi, sedangkan sisanya yakni dua wartawan dinyatakan belum kompeten (tidak lulus), dan tiga wartawan harus turun level, dari utama harus ke level madya.

Sebelumnya Koordinator Tim Penguji UKW, Muhammad Yusuf kepada TV Sultra berharap dengan adanya UKW tersebut wartawan dapat memiliki kompetensi. "Pada ujian ini ada tiga jenjang yaitu Muda, Madya, dan Utama yang diikuti dari beberapa media seperti Kendari Pos, Buton Pos, KendariNews.com, Kolaka Pos, dan Rakyat Sultra.

Uji kompetensi wartawan merupakan program dewan pers untuk menertibkan para wartawan di seluruh wilayah Indonesia. Dewan pers telah menunjuk sejumlah lembaga media, lembaga pendidikan dan organisasi wartawan sebagai penyelenggara uji komptensi. Selanjutnya penyelenggara mengangkat penguji dari wartawan utama yang dinilai memiliki kapasitas untuk itu.

Tercatatnya La Taya sebagai peserta terbaik telah menambah daftar wartawan KendariNews.com keluar sebagai peserta terbaik dalam uji komptensi wartawan. Tahun 2012 lalu, wartawan KendariNews.com lainnya juga berhasil keluar sebagai peserta terbaik pada uji kompetensi jurnalis yang di selenggarakan Aliansi Jurnalis Independen se Indonesia Timur.


Sumber: KendariNews
Editor: Taya

0 komentar:

Posting Komentar